Jumat, 14 Agustus 2020

Untuk Sukses Tak Harus Dengan Kuliah di Universitas Negeri




Sumber: filemagz.com

Siapa bilang untuk sukses harus dimulai dengan kuliah di universitas negeri? Dilihat dari kenyataan dan pengalaman, justru banyak yang membuktikan meski kuliah di universitas swasta dan tak ternama namun mereka bisa lebih sukses. Kamu juga bisa melihat dimana pendaftar pada saat sesi pendaftaran Universitas Tarumanagara dibuka calon mahasiswa yang berminat cukup banyak. Hal itu menunjukkan satu kenyataan tersendiri bahwa yang menganut paham seperti itu sudah semakin sedikit.

Bahwa Untuk Sukses Tak Harus Dengan Kuliah Di Universitas Negeri

Meski universitas negeri memiliki segudang kelebihan dibandingkan universitas swasta, namun hal itu tak mengurangi kelebihan yang ada di universitas swasta. Banyak yang bisa kuliah di universitas negeri, namun yang gagal untuk kuliah di universitas negeri pun banyak. Universitas negeri masih menjadi impian banyak orang. Namun hal itu sebenarnya bukanlah titik kunci untuk sukses. Kamu masih bisa sukses meski melanjutkan kuliah di universitas swasta sekalipun. Lalu apa saja hal yang harus dilakukan jika ingin sukses meski tak kuliah di universitas negeri?.

 1. Ubah mindset

Hal yang pertama adalah dengan mengubah mindset. Mindset atau pola pikir masyarakat saat ini yang masih keliru bahwa sukses hanya bisa didapat jika kuliah di universitas negeri perlu diperbaiki. Bahwa yang menjadikan sukses bukanlah tempat untuk kuliah melainkan pribadi personal dari mahasiswa itu sendiri. Dia akan sukses atau tidak tergantung dari usaha yang dilakukannya untuk berjuang hidup.

 2. Kreatif manfaatkan kesempatan

Berkuliah di universitas swasta tentu memiliki banyak keterbatasan. Seperti misalnya terbatas dalam hal sarana dan prasarana, referensi buku kuliah hingga pembelajaran yang memadai. Namun sebaiknya hal tersebut tak membuat Kamu menjadi terkendala untuk mendapatkan proses belajar yang baik di universitas tersebut. Manfaatkan keterbatasan yang ada untuk bisa mendapatkan semua yang Kamu butuhkan secara kreatif. Hal itu justru akan memperkaya pengalaman Kamu ketimbang mereka yang tinggal menggunakan apa yang sudah ada.

 3.  Kuliah dengan serius

Sadari bahwa Kamu kuliah di universitas swasta yang mungkin masih dipandang sebelah mata di kalangan masyarakat tertentu. Oleh karena itu Kamu perlu menyiasati hal tersebut dengan menjalani proses kuliah dengan serius. Selesaikan setiap tahap dalam kuliah dengan sebaik-baiknya agar supaya Kamu juga mendapatkan hasil yang terbaik pula. Penting untuk memilih jurusan terbaik saat Kamu melakukan pendaftaran kuliah online nanti.

 4. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya

Dan yang terakhir adalah dengan mencari pengalaman yang banyak selagi Kamu menyelesaikan kuliah. Aktif dalam berorganisasi baik untuk intra maupun ekstrakurikuler yang ada di kampus, menjalin hubungan pertemanan seluas mungkin bahkan jikalau perlu jalani kegiatan magang kerja untuk mendapatkan pengalaman hidup yang lebih lengkap. 

Ada banyak sekali hal yang bisa Kamu dapatkan dari melakukan beberapa hal yang disebutkan di atas. Pengalaman tersebut pastinya akan kamu bawa dalam kehidupan bermasyarakat nanti selepas lulus kuliah.

Karena Dalam Kuliah Yang Terpenting Adalah Proses

Setelah menyimak beberapa hal penting di atas, tentu Kamu sudah menyadari dan mengetahui bahwa untuk bisa sukses tidaklah ditentukan dari mana Kamu kuliah. Namun ditentukan dari seberapa banyak Kamu bisa mendapatkan bekal untuk hidup bermasyarakat dengan kuliah dan pengalaman hidup lainnya. 

Dan meski begitu, masa kuliah benar-benar merupakan masa yang harus dijalani dan dinikmati dengan baik. Itu akan menjadi masa yang tak terlupakan dalam hidup Kamu. Banyak yang mencari informasi tempat kuliah yang direkomendasikan di aplikasi seperti aplikasi goKampus demi mendapatkan universitas swasta terbaik yang akan menjadi tempat terbaik untuk pembelajaran dalam hidup mereka. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon